Jumat, 24 Juni 2011

SEBUAH KISAH ANAK LAYANGAN (Part 1)

Mungkin ketika pertama kali membaca judul ini kalian pasti akan berfikir jika anak layangan yang dimaksud adalah seorang anak layangan dalam arti kiasan yaitu ALAY, memang sih kebanyakan orang menganggap jika anak layangan adalah singkatan dari alay yang setiap pagi menjadi penonton bayaran di sebuah acara televisi, yaa walau bagaimanpun menjadi penonton bayaran merupakan suatu pekerjaan yang halal daripada mereka harus melakukan tindakan kriminalitas di jalanan. Seenggaknya mereka mau berusaha mendapatkan rezeki yang halal dengan menjadi penonton bayaran dan bisa eksis di tv, tanpa disadari kita pasti akan hafal jika suka menonton acara musik pagi, jika kita melihat dengan seksama ko penontonnya itu-itu aja ya sama kaya kemaren-kemaren, secara tidak langsung kita sedikit mengetahui bahwa orang itu eksis di dunia televisi walaupun cuma jadi penonton, bisa dibilang selebritis acara musik..sebenarnya saya masih bingung juga kenapa penonton bayaran itu disebut ALAY? Apa sih kriteria sehingga orang itu disebut sebagai alay?

Ok, kita kembali ke topik sebenarnya biar gak terlalu banyak basa-basinya dan gak terlalu bosan bacanya..(sebenernya sih bingung mau nulis apa lagi) hehehe

Ini adalah sebuah kisah tentang seorang anak dari pedagang layangan di daerah pinggiran Jakarta. Usaha menjual layangan ini sudah ditekuni secara turun menurun oleh keluarga kecil yang satu ini, sebut saja keluarga Sobirin dan anaknya bernama James, memang nama ayah dan anak sedikit bertolak belakang, nama ayah asli dari jakarta dan anaknya sedikit serapan dari nama orang luar negeri. Aneh gak? Mudah-mudahan si gak aneh yah dengan nama itu..

Sedikit cerita tentang sejarah nama James dan kehidupan keluarga Sobirin yang bisa dibilang keluarga yang kurang mampu namun bahagia kehidupannya. Suka duka kehidupan mereka jalani dengan senyuman, walaupun terkadang senyuman itu untuk menutupi masalah yang sedang mereka hadapi.

Awal terbentuknya anak bernama James ini berawal dari sang ayah yaitu Sobirin sewaktu muda dan belum menikah ini bertemu dengan wanita bernama Lela disebuah kebun belakang rumah keluarga Sobirin, ketika itu Sobirin sedang membuat sebuah layangan besar pesanan orang, kemudian lewat lah sesosok wanita cantik didepannya dengan membawa kerangjang belanjaan membuat si Sobirin ini terpana melihat Lela berjalan dihadapannya, bisa dianggap Lela ini adalah kembang desa di daerah itu. Sontak pandangan Sobirin tertuju kepada Lela. Sadar dipandangi oleh Sobirin, Lela pun menyapanya

Lela                 : “permisi abaaaaaang”

Sobirin             : dengan gagap menjawab, “ si..si..si..silakang neng”

Dengan pesonanya Lela tetap berjalan ke arah rumahnya yang berada tidak jauh dari rumah Sobirin.
Sobirin tetap memandangi Lela yang sudah melewati dirinya sambil menyayat bambu yang dipegangnya dan sedikit berkhayal yang indah-indah tentang Lela.

Selang beberapa waktu, ketika sedang asiknya berkhayal, ibu dari Sobirin ini menepuk punggung belakangnya dengan cukup keras.

Nyak               : “Plaaaaaaaaaak” (sound efek nyak memukul punggung Sobirin)

Terkejutlah Sobirin dengan tepukan nyak-nya dan secara spontan Sobirin langsung mengambil ancang-ancang atau kuda-kuda layaknya sedang melakukan silat khas betawi

Sobirin             : “ciyaat, ciyaaat, ciyaaaaat”

Sadar dikagetkan oleh nyak-nya sobirin pun berkata”

Sobirin             : “aduuuuuuh nyaaaaaaaak, ngagetin aje dah aaah”

Nyak               : “nah elu kerja bengong aje dari tadi nyak perhatiin”

Sobirin             : “yaelah nyak kaya kaga tau aje anak mude, pan aye lagi ngayal nyaak, eh tapi ngomong-ngomong si Lela cantik juga ye nyaak”.

Nyak               : “udeh lo jangan kebanyakan ngayal, beresin dah tuh layangan”

Sobirin             : “iye….iye”

Nyak pun kembali beranjak ke dalam rumah dan Sobirin kembali melanjutkan membuat layangannya, namun sambil tersenyum-senyum manis. (kebayang kan yah?)

Bersambung dulu yee, nanti ane lanjutin ceritanye….. (jadi kebawa betawi gini)

2 komentar:

  1. nanggung bgt bro :D

    BalasHapus
  2. hehehe...udah tepar semalem jadi ga bisa nerusin lanjutannya..
    tapi segera diperbaharui tulisannya.. :D

    BalasHapus