Selasa, 17 Mei 2011

MAKNA PERBEDAAN

                                                    ada hitam ada putih
                                                        ada buruk ada baik
                                                            ada wanita ada pria
                                                                 ada si miskin ada si kaya 
                                                                      ada bodoh ada pintar
                                                                          ada gelap ada terang

Banyak perbedaan yang terdapat dalam kehidupan yang fana ini. semua sudah dirancang sedemikian rupa oleh Yang Maha Kuasa, semua itu dirancang semata agar manusia bisa menyatukan segala perbedaan yang ada dengan berbagai cara dan sesuai dengan kemampuannya masing-masing

Banyak sekali liku-liku kehidupan yang ditimbulkan karena suatu perbedaan, namun saya yakin Yang Maha Kuasa menciptakan perbedaan itu demi kebaikan umat manusia di bumi. coba banyangkan jika tidak adanya perbedaan dalam hidup ini! apakah kita akan menikmati hidup? apakah akan adanya persaingan dalam hidup?
saya rasa tidak, kenapa?
karena dengan adanya perbedaan di kehidupan ini, akan membawa kita untuk saling menghargai. Perbedaan pendapat menjadi suatu hal yang lumrah ketika tiap-tiap manusia berpikir. Bukankah kita diperintahkan untuk selalu berpikir. .kita sebagai manusia tentunya akan berfikir bagaimana caranya untuk menyatukan suatu perbedaan yang ada menjadi satu pemikiran, satu tujuan untuk menjadi lebih baik dan demi kepentingan bersama.

Perbedaan kadang membuat kita melupakan arti manusia sebagai mahluk sosial, bahkan sering mengenyampingkan hati-nurani. Kadang saya berpikir, seandainya Tuhan tidak memberi manusia akal-budi. Akal-budi dan kemampuan manusia untuk berpikir telah membuat manusia menjadi penghancur, penghancur dirinya sendiri. Ditengah kehidupan yang heterogen seperti sekarang ini, perbedaan semakin di perdebatkan, saya putih, kamu hitam, saya benar kamu salah.

Sesuatu perbedaan yang ada diantara kita adalah hal yang sesungguhnya bisa menyatukan kita. Sehingga kita tahu ada pasangan pria dan wanita yang saling melengkapi! api dan air yang sangat berguna! Langit dan Bumi dua hal yang berbeda jauh namun diantara itu kita berada didalamnya.

Pada dasarnya perbedaan itu bisa membuat manusia berfikir untuk bisa menjadi jauh lebih maju dan berkembang

Ingat kawan, jangan jadikan perbedaan itu sebagai keterpurukan atau kesombongan kita, jadikan lah suatu perbedaan itu menjadi satu kesatuan yang dapat membuat kita bisa lebih baik dari sekarang

2 komentar:

  1. makna segala sesuatu bukan berasalah dari hal itu, tetapi dari cara pandang kita terhadap hal itu sendiri..dan perbedaan adalah modal kuat untuk terus berdiri tegak..!

    BalasHapus
  2. saya setuju kawan, perbedaan justru memacu kita bisa jauh lebih baik dari sekarang..
    jika orang lain mampu, kenapa kita tidak mampu..
    iya ga? :D

    BalasHapus